Berita


Diikuti Siswa, Kepala Sekolah dan Guru, Pelaksanaan ANBK di SMA Negeri 1 Hiliduho Berlangsung Lancar

Sebanyak 45 siswa SMA Negeri 1 Hiliduho, mengikuti pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di laboratorium komputer SMA Negeri 1 Hiliduho, Senin, 27 September 2021.

ANBK diikuti hanya oleh perwakilan siswa atau sekitar 5 persen siswa dari jumlah siswa secara keseluruhan. Selain siswa, kepala sekolah dan seluruh guru SMA Negeri 1 Hiliduho juga mengisi angket Survei Lingkungan Sekolah sebanyak 60 pertanyaan.

"Sesuai yang sudah ditentukan oleh Kemendikbud Ristek, yang mengikuti ANBK sendiri hanya kelas XI saja. Dan siswa yang mengikuti ANBK pun sudah ditunjuk oleh pusat. Sedangkan untuk kepala sekolah dan guru juga wajib mengikuti Survei Lingkungan Sekolah,” ujar Kepala SMA Negeri 1 Hiliduho, Erinus Mendrofa S.Pd.

Menurutnya, ANBK ini merupakan program nasional Kemendikbud Ristek sebagai langkah pemetaan parameter pencapaian kompetensi siswa dan kualitas mutu bagi sekolah. Dan Survei Lingkungan Belajar sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan sekolah dan memperbaiki kualitas belajar-mengajar.

ANBK yang dilaksanakan pada masa pandemi ini, juga tidak mengurangi protokol kesehatan bagi siswa yang akan mengikuti. Sebelum masuk area sekolah, siswa diperiksa suhu tubuhnya, mencuci tangan dan wajib menggunakan masker selama di ruangan laboratorium komputer.

“Karena kami tahu bahwa penyelenggaraan ANBK 2021 saat dimasa pandemi, maka tidak hanya kesiapan perangkat saja melainkan persiapan mental siswa dan standar penerapan protokol kesehatan pun telah kami persiapkan dengan baik,” paparnya.